Rumah Langganan Banjir? Pilih Furnitur dari Material Tahan Banjir

Jika setiap musim hujan tiba rumah selalu kebanjiran, furnitur pun akan cepat rusak karena terendam genangan air dan lumpur. Sayang sekali kalau Sobat Ngopi harus membeli dan mengganti perabotan baru gara-gara banjir. Selain mubazir, harga furnitur pun semakin mahal setiap tahunnya.

Kalau memang musibah banjir tak bisa dihindari, dan pindah rumah tidak memungkinkan, Sobat Ngopi harus mulai mempertimbangkan untuk mengganti furnitur yang terbuat dari material yang lebih tahan terhadap terjangan banjir.

Aluminium
Material kayu sangat rawan rusak jika terkena banjir. Karena kayu bersifat menyerap air, jika banjir datang, kusen dan pintu bisa mengembang hingga akhirnya akan lapuk. Karena itu, pertimbangkanlah untuk mengganti kusen dan pintu dari material aluminium yang lebih tahan banjir.

sumber: lamudi.com.ph

Plastik
Lemari kayu juga rentan lapuk jika terkena banjir. Mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan untuk menggunakan lemari berbahan plastik. Karena lemari bukan hanya untuk menyimpan baju, tapi juga dokumen penting dan barang berharga lainnya, material plastik relatif lebih aman ketimbang kayu.

Selain itu, pilih furnitur plastik yang memiliki roda di bagian kakinya. Jika banjir datang dan airnya masuk ke dalam rumah, akan mudah untuk memindahkannya ke ruangan yang lebih aman.

Besi
Material besi bisa dipilih untuk tempat tidur atau meja makan. Agar besi tidak mudah berkarat dan rusak karena terkena air, berikan lapisan pelindung, seperti duco atau waterproofing khusus.

Stainless Steel
Untuk peralatan makan dan memasak, pilihan paling tepat adalah yang terbuat dari stainless steel. Material ini tahan karat meski dalam kondisi basah atau terendam air. Selain itu, membersihkan stainless steel pun relatif mudah.

Tinggalkan Balasan