Sama-Sama dari Kayu, Apa Perbedaan Lantai Kayu dan Lantai Parket?

Lantai kayu dan lantai parket terbuat dari material yang sama, yakni kayu. Lantai kayu dan lantai parket terbuat dari kumpulan kepingan kayu original maupun yang sudah di-press untuk digunakan sebagai lantai konkrit interior dan eksterior rumah.

Namun, lantai kayu dan lantai parket adalah dua jenis lantai yang berbeda. Agar tak bingung dalam memilih jenis lantai untuk hunian Anda, berikut perbedaan lantai kayu dan lantai parket, seperti yang dilansir dari 99.co:

sumber: rukita.co

Lantai Kayu
Lantai kayu adalah kepingan kayu utuh yang di-press lalu dipasangkan satu sama lain menjadi lantai kongkrit. Pemasangan lantai kayu sedikit lebih rumit, yaitu kepingan kayu satu dengan lainnya dipasangkan dengan menggunakan skrup.

Lantai kayu sendiri terbagi menjadi finished hardwood floor, unfinished hardwood floor, dan kayu laminate.

sumber: 99.co

Lantai Parket
Lantai parket merupakan kepingan kayu yang di-press, tapi memiliki profil di sisi-sisinya untuk saling terkunci. Untuk pengaplikasiannya, lantai parket juga menggunakan paku tembak sebagai penguat tambahan.

Terdapat dua jenis lantai parket, yaitu lantai parket solid dan parket engineered.

sumber: 99.co

Lantai kayu dan lantai parket solid sama-sama mudah memuai. Permukaan lantai kayu perlu dilapisi cat agar tidak mudah terkelupas dan membahayakan penghuni rumah. Namun, lantai kayu memiliki beberapa keunggulan, di antaranya mudah didapat di toko-toko bangunan, pemasangannya lebih mudah, serta lebih tebal dan tahan lama.

Sementara, lantai parket lebih unggul karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan lantai kayu.

Tinggalkan Balasan