Sebelum Membeli Tempat Tidur Tingkat, Pertimbangkan Dulu 5 Hal Penting Ini

Keterbatasan luas bangunan membuat banyak keluarga harus menempatkan anak-anak mereka dalam satu kamar yang sama. Agar tak memakan tempat terlalu banyak, tempat tidur bertingkat pun jadi solusi yang tepat untuk si buah hati.

Namun, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih dan membeli bunk bed atau tempat tidur tingkat. Bukan hanya dari segi estetika, namun keamanan si kecil juga harus benar-benar diperhatikan mengingat tak ada pengawasan saat mereka sedang tidur, khususnya untuk yang mendapat ranjang di tingkat atas.

Ukuran Ruangan
Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah luas kamar tidur anak. Pastikan untuk mengetahui ukuran yang tepat, sehingga dapat menentukan bentuk dan ukuran tempat tidur tingkat yang ideal. Selain itu, bisa juga memilih tempat tidur yang dilengkapi roda dan laci multifungsi untuk memaksimalkan pemanfaatan ruang.

sumber: maxtrixkids.com

Tema
Sebelum memilih tempat tidur tingkat untuk si buah hati, tentukan dulu tema kamar tidurnya. Untuk yang satu ini, diskusikanlah dengan si anak tema apa yang mereka inginkan. Anak-anak tentu punya selera dan kesukaan yang berbeda dengan orang dewasa. Jika si kecil belum bisa menentukan pilihan, cari tahu lewat tokoh kartun favoritnya.

Warna
Setelah menentukan tema ruangan ataupun tempat tidur tingkat, poin lain yang tak boleh luput dari perhatian adalah kesesuaian warna antara tempat tidur dengan dinding kamar. Jika dinding kamar didominasi dengan warna-warna gelap, pilihlah warna cerah untuk tempat tidur tingkatnya.

Jika tidak ingin repot dengan urusan keserasian warna, tempat tidur warna cokelat kayu bisa dijadikan pilihan karena warnanya yang netral dan adaptable. Tinggal modifikasi saja dengan tangga tempat tidur ataupun laci multifungsinya.

Tata Letak
Jika ruang yang tersedia benar-benar terbatas, harus jeli dalam meletakkan tempat tidur tingkat. Jika kamar tidak terlalu luas, posisikan tempat tidur tingkat di sudut kamar. Jika ada ruang yang cukup luas, tempat tidur tingkat bisa diletakkan di tengah ruangan atau posisi lain di kamar.

Aspek Keselamatan
Nah, yang paling penting dari semuanya adalah aspek keselamatan anak-anak. Perhatikan benar material tempat tidur tingkat tersebut, dan harus terjamin aman. Pilih material yang terbuat dari kayu berkualitas seperti jati atau mahoni. Kedua jenis ini merupakan kayu dengan kualitas terbaik dan terbukti awet.

Material yang kuat penting agar dapat menompang badan anak ketika tidur di atasnya. Perhatikan pula faktor keamanan lainnya seperti pembatas pagar, papan ujung kepala dan kaki, serta tangga.

Tinggalkan Balasan