Selama Musim Hujan, Bagian-Bagian Rumah Ini Harus Diberi Perhatian Ekstra

Musim hujan belum juga berakhir. Bahkan menurut perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan di Tanah Air diprediksi akan mencapai klimaksnya di bulan Februari 2021 ini.

Sobat Ngopi harus waspada dengan hujan setiap harinya sedang turun dengan deras-derasnya. Jangan sampai ada rembesan air, apalagi sampai bocor hingga menyebabkan genangan di lantai rumah. Karena itu, segera cek kondisi rumah Anda dan beri perhatian ekstra pada bagian-bagian yang rawan bocor.

sumber: bobvila.com

Atap
Atap berbentuk pelana atau perisai lebih tahan terhadap hujan lebat dibandingkan atap datar/dak beton. Kebocoran pada atap dak beton lebih sulit untuk dideteksi karena lokasi retak di atas dan di bawah atap bisa berbeda posisinya.

Perbaikan atap dapat menggunakan lem karet silikon yang biasa dipakai sebagai lem akuarium. Perekat untuk akuarium dapat mengering dengan cepat dan karet silikon mempunyai sifat anti air yang cukup efektif. Tutup bagian bocor dengan lem akuarium dan ratakan. Setelah tiga jam, lem akan mengering dan plafonnya bisa dicat ulang.

Saluran Air
Hujan deras sering membawa serta sampah yang bisa menyumbat saluran air. Untuk mengatasi saluran air yang tersumbat bisa menggunakan cairan pembersih. Tuangkan cairan tersebut ke dalam saluran air, diamkan beberapa saat, dan biarkan bekerja.

Soda api juga bisa digunakan untuk membersihkan saluran air yang tersumbat. Masukkan soda api ke dalam saluran lubang pipa dan biarkan beberapa saat hingga tak terdengar suara gemuruh, kemudian basuh dengan air. Lakukan sebulan sekali agar pipa tidak tersumbat lagi.

Dinding Luar
Rembesan air hujan menjadikan dinding lembap dan menimbulkan bercak-bercak. Untuk mengatasinya, cari dulu sumber rembesannya. Dinding rembes bisa terjadi karena air yang jatuh dari atap tidak langsung mengalir ke talang.

Jika dinding luar dilapisi cat, pastikan proses pengecatan awalnya benar-benar sempurna. Tapi jik dinding masih terus rembes, selidiki lapisan plester dinding luar. Jika lapisan ini tidak sempurna, perbaiki dan cat ulang dinding luar.

Dinding Dalam
Untuk dinding interior yang rembes, masalahnya bisa diatasi dengan mengikuti beberapa langkah ini. Pertama, kerok terlebih dahulu permukaan dinding yang rusak. Lalu, gunakan ampelas untuk meratakannya. Setelah itu, lapisi permukaan dinding dengan cat yang berbasis solventbase sealer. Terakhir, cat dinding interior dengan cat anti bocor yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan