Sewa Ruko atau Membeli Ruko? 7 Keuntungan Menyewa Ruko, yang Wajib Kamu Ketahui

Hallo Sobat Ngopi kali ini kita akan membahas mengenai baiknya menyewa ruko atau membeli ruko sih ?

7 Keuntungan Sewa Ruko yang Ekstra Cuan!

Saat memulai bisnis, pertimbangan area, seperti ruko sering jadi faktor yang butuh banyak pertimbangan. Bukan biaya yang sedikit, pilihan antara sewa ruko atau beli ruko sering membuat para pebisnis galau seharian. Nah, pada artikel kali ini, Kania akan membagikan beberapa alasan mengapa sewa ruko bisa jadi keputusan yang lebih tepat daripada langsung membelinya. Yuk, cek tujuh keuntungan sewa ruko berikut ini!

Sewa Ruko Sesuai Kebutuhan Space, Lebih Untung!

Pic. By pinterest.com

Sewa ruko tidak selalu mutlak harus menyewa seluruh lantai yang tersedia. Banyak pemilik ruko yang cukup fleksibel menyewakan hanya lantai-lantai tertentu. Misalnya, lantai dasar untuk usaha terbuka atau lantai tengah untuk usaha kantoran.

Disini, pemilik ruko bisa jadi tetap tinggal di ruko tersebut atau menggabungkan antara kebutuhan penyewa yang berbeda supaya harga sewa per lantai bisa dipecah dan tetap menguntungkan. Bagi kamu yang pilih sewa ruko, dijamin pengeluaran akan lebih hemat sesuai space yang dibutuhkan. Apalagi, jika ada pemilik ruko atau sesama penyewa, keamanan pun lebih terjaga!

Tidak Perlu Khawatir Biaya Pemeliharaan

Pic. By google.com

Ada beberapa komponen sewa ruko yang selayaknya menjadi kewajiban penyewa, tapi ada pula yang termasuk sebagai beban bagi pemilik ruko. Jika biaya berjalan, seperti rekening listrik atau air sudah menjadi beban penyewa, maka biaya pemeliharaan ruko, seperti atap bocor, cat terkelupas, atau sebagainya tetap menjadi pengeluaran pemilik ruko. Nah, sewa ruko jadi lebih untung karena kamu tidak perlu memikirkan beban pemeliharaan. 

Sewa Ruko untuk Bisnis, Hidup di Lokasi Lain

Pic. By turbosquid.com

Yang namanya sewa ruko untuk bisnis, tentu idealnya di lokasi yang ramai dan padat traffic. Jika beli ruko untuk dijadikan tempat bisnis sekaligus hunian, bisa terbayang, ‘kan stresnya tinggal di tengah hiruk-pikuk kota? Bandingkan dengan sewa ruko untuk bisnis dan tetap hidup terpisah di rumah yang lebih nyaman, adem, dan tidak padat. Pasti lebih ideal, bukan?

Bisa Upsize atau Downsize Sesuai Perkembangan Bisnis

Pic. By jll.co.id

Tak bisa dipungkiri, bisnis memang sulit ditebak. Inilah sebabnya sewa ruko bisa jadi langkah yang lebih tepat dan hati-hati, terutama untuk kamu yang baru merintis usaha. Jika bisnis cuan, maka kamu punya pilihan untuk menghentikan sewa ruko dan mencoba beli ruko, atau malah pindah ke lokasi yang semakin menguntungkan.

Sebaliknya, jika bisnis lesu, sewa ruko pun bisa dihentikan sambil menyusun ulang strategi bisnis. Misalnya, pindah ke ruko yang lebih kecil.

Tidak Perlu Pusing DP atau Bayar Cicilan

Pic. By theatlantic.com

Hal yang harus dipikirkan saat sewa ruko adalah biaya sewa dikali durasi sewa, misalnya satu tahun, tiga tahun, atau lebih. Bedakan dengan pertimbangan beli properti yang cenderung lebih repot dengan sejumlah besar uang pangkal atau DP, dan juga cicilan rutin selama bertahun-tahun yang tidak kecil jumlahnya. Dalam proses jual beli, juga akan ada biaya AJB, notaris, dan lain sebagainya yang harus turut dipertimbangkan.

Tidak Cemas Fluktuasi Harga Properti

Pic. By pinterest.com

Sebagai pihak yang sewa ruko, kamu tidak perlu pusing memikirkan jatuhnya nilai properti yang bisa memberi efek buruk pada aset kekayaan. Bisa dibilang, sewa ruko termasuk lebih bebas beban pikiran karena keterikatan penyewa hanya sebatas selama masa sewa yang ditentukan.

Bisa Investasi Lebih Cermat

Pic. By dnaindia.com

Walaupun mungkin nanti sudah saatnya harus membeli ruko daripada sewa ruko karena beberapa kebutuhan, kamu pun sudah memiliki modal yang terkumpul dan bisa lebih fleksibel untuk dialokasikan dengan cermat. Misalnya, jika ada keputusan untuk menambah stok bisnis, maka keputusan untuk beli ruko bisa ditunda. Bayangkan saja punya aset likuid yang lebih bebas dibandingkan tertanam pada pembelian ruko yang belum pasti.

Gimana, sudah yakin belum atas keputusan sewa ruko? Jangan lupa tetap sesuaikan dengan prioritas dan kebutuhan masing- masing, ya!

Sumber : Dekoruma.com

Tinggalkan Balasan