Simak, 7 Tips Menciptakan Dapur Minimalis Modern

Dapur adalah salah satu ruangan yang paling banyak menyimpan barang, mulai dari peralatan makan berukuran kecil sampai perabotan besar dan memakan tempat. Meski begitu, Sobat Ngopi bisa loh menciptakan dapur yang ramai perabot menjadi minimalis modern.

Perlu diingat, dapur minimalis bukan berarti sama sekali tanpa barang, melainkan tentang pemilahan dan penataan barang yang fungsional. Dengan begitu, akan ada lebih banyak ruang bebas dan mengurangi “kekacauan” di dapur.

Untuk dapat menciptakan dapur minimalis modern, terdapat beberapa panduan yang bisa diterapkan. Berikut ini beberapa tips mendesain dapur rumah minimalis modern.

foto: thecabinetcenter.com

Aplikasikan Cat Warna Netral
Warna netral juga tidak cepat “basi” dari tren dan keberlanjutannya cukup panjang. Warna netral juga membantu menciptakan kesan ruang dapur yang bernuansa santai. Agar tidak terasa membosankan, pilih aksen dengan warna menonjol.

Pasang Keran Modern
Pilih keran berbentuk ramping untuk menyempurnakan desain dapur modern. Selain itu, keran berdesain modern juga lebih mudah dibersihkan.

Pilih Lemari Simpel
Pilih lemari yang sederhana dan tidak ribet dengan pegangan tersembunyi, ketimbang lemari bergagang pintu yang kelihatannya vintage atau kuno. Lemari berdesain simpel dan ramping juga menciptakan garis ruangan bersih dan hasil akhir yang tajam dari desain dapur minimalis. Pilih lemari berwarna terang dan netral untuk membantu menghilangkan kesan “datar” di dapur.

Sembunyikan Peralatan
Jangan tunjukkan “keramaian” di dapur. Gunakan ruang penyimpanan untuk menyembunyikan peralatan dapur, terutama yang tidak enak dipandang seperti panci gosong atau alat makan hadiah yang didapat dari pembelian produk tertentu. Dengan menyembunyikan benda-benda tersebut, membersihkan meja dapur juga jadi mudah dilakukan.

Simpan Barang Sesuai Tempatnya
Buat tempat khusus untuk menyimpan kopi dan teh, bumbu dapur, bahan makanan, peralatan makan, dan lainnya agar terorganisir di satu tempat sesuai jenisnya. Dapur yang tertata lebih fungsional dan efisien, akan menghemat waktu dan tenaga.

Jangan Beli Jika Tidak Diperlukan
Kalau Sobat Ngopi selalu minum kopi instan, tidak perlu membeli coffee maker hanya karena ingin dapur terlihat keren. Begitupun jika memang tidak pernah makan sayuran, tidak perlu dibeli hanya karena ingin kulkas terlihat penuh. Dengan menghilangkan barang-barang yang tidak perlu itu, akan banyak ruang kosong yang membuat dapur terlihat minimalis.

Tambahkan Rak Terbuka
Penggunaan beberapa rak terbuka dapat memicu seseorang untuk rutin merapikan dapur. Selain itu, rak terbuka juga bisa menjadi showcase untuk memamerkan peralatan dapur yang tertata rapi. Namun harus tetap diingat, jangan membeli peralatan terlalu banyak dan tetap utamakan barang-barang yang fungsional.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan