Sofa Fabric Gampang Kotor, Begini Cara Merawat dan Membersihkannya

Sofa fabric lebih gampang kotor dibandingkan sofa kulit. Sofa fabric memiliki bahan pelapis yang sifatnya lebih mudah menyerap debu, noda, atau tumpahan cairan. Jika lebih menyukai sofa fabric daripada sofa kulit, sebaiknya pilih yang berbahan linen, katun, atau wol karena lebih mudah dibersihkan.

Sofa fabric memerlukan perlakuan khusus agar awet dan tidak mudah kotor. Selain harus rutin dibersihkan, sofa fabric juga memerlukan perawatan dan harus diperhatikan dalam penggunaannya.

Perawatan
Untuk sofa berbahan fabric, butuh perawatan ekstra karena sifatnya yang mudah menyerap debu, noda, dan cairan. Untuk perawatan sehari-hari, bersihkan permukaan sofa dengan menggunakan vacuum cleaner agar debu yang menempel tidak menumpuk dan mengotori permukaan fabric.

sumber: woodenstreet.com

Untuk perawatan mingguan, gunakan steam untuk menguapkan permukaan sofa dan mengangkat kotoran dari pori-pori kain.

Menghilangkan noda
Pada permukaan sofa fabric sering ditemui noda membandel. Noda-noda yang menempel kuat pada sofa fabric biasanya berasal dari tumpahan saus atau susu, juga noda yang ditimbulkan hewan peliharan. Untuk membersihkannya, pertama-tama harus dilap dulu dengan kain lembut. Caranya cukup ditekan-tekan saja, dan jangan diseka dengan keras karena nodanya malah akan menyebar di permukaan sofa.

Untuk tindakan selanjutnya, sebaiknya baca dahulu instruksi perawatan dalam manual book yang didapat saat membeli sofa karena setiap sofa punya cara berbeda dalam membersihkannya. Dalam instruksi perawatan manufaktur pasti tercatat apa yang harus dilakukan untuk membersihkan noda agar tidak mengubah warna sofa.

Menjaga Tetap Awet
Agar sofa fabric bisa bertahan lama dan awet, dalam penggunaannya pun harus dengan perhatian khusus. Misalnya, jangan hanya duduk di salah satu bagian sofa untuk menghindari bentuk dudukan kempes sebelah. Bagian yang sering diduduki lama-kelamaan akan menurun sofanya. Karena itu, biasakan duduk bergantian di setiap sisi sofa agar sama rata.

Selain itu, hindari meletakkan sofa di bagian yang terkena langsung dengan sinar matahari. Kain pelapis di permukaan sofa fabric bisa cepat pudar atau berubah warna karena paparan sinar matahari.

Tinggalkan Balasan