Solusi Hempas Bau Tak Sedap dari Bak Cuci Piring

Benda yang digunakan untuk membersihkan sesuatu biasanya akan cepat menjadi kotor, termasuk juga bak cuci piring. Walaupun fungsinya untuk mencuci bersih peralatan makan dan masak, bak cuci piring adalah salah satu tempat terkotor yang ada di rumah. Selain kotor, bak cuci piring juga sering mengeluarkan bau tak sedap.

Untuk itu, bukan cuma piring-piringnya, bak cucinya pun harus dibersihkan. Berikut langkah dan cara membersih bak cuci piring yang bisa Sobat Ngopi ikuti agar bau tak sedap terhempas jauh.

Cuci dengan Sabun
Cuci bak cuci piring dengan sabun secara merata setelah digunakan. Cuci sampai ke sudut-sudutnya dan jangan ada yang terlewat. Agar hasilnya lebih bersih lagi, tambahkan cairan desinfektan pada sabun untuk membunuh kuman dan bakteri.

sumber: bobvila.com

Usahakan Selalu Kering
Kelembapan yang berlangsung secara terus menerus dapat menyebabkan aroma tak sedap dan berkembangnya jamur. Karena itu, usahakan bak cuci piring dalam kondisi bersih dan kering setelah digunakan.

Gunakan Saringan pada Saluran Air
Saringan berfungsi untuk menampung kotoran sebelum mengalir di saluran air. Dengan adanya saringan, sisa makanan dan kotoran dapur tidak masuk ke dalam pipa pembuangan, sehingga dapat mencegah pipa tersumbat dan kotoran membusuk.

Segera Buang Kotoran di Saringan
Jangan biarkan sisa makanan dan kotoran dapur menumpuk di saringan. Selain menjadi tempat berkembangnya bakteri dan kuman, juga bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Periksa Pipa Jika Air Menggenang
Periksa pipa bagian bawah yang berbentuk leher angsa jika air menggenang di bak cuci piring untuk antisipasi awal penyumbatan. Penyumbatan terus-menerus akan mengakibatkan kerusakan yang menjalar ke bagian-bagian lain. Untuk mengatasi sumbatan, gunakan cairan khusus pembersih sumbatan.

Bersihkan Keran
Selain baknya, keran pun jadi bagian penting yang harus selalu dibersihkan. Bersihkan dan keringkan keran bak pencuci piring secara rutin, mengingat keran adalah bagian yang paling sering disentuh tangan. Potensi berkembangnya kuman dan bakteri di keran sangat besar, bahkan keran dapur adalah salah satu benda yang paling kotor di rumah.

Tinggalkan Balasan