Solusi Rumah Minim Cahaya Matahari Agar Tak Terlihat Suram

Banyak rumah yang berada di pemukiman padat tidak mendapat cukup cahaya matahari. Hal itu disebabkan oleh padatnya lahan hingga rumah yang satu akan menutupi rumah lainnya. Tak pelak, rumah yang minim terpapar cahaya matahari jadi terlihat suram dan terkesan gelap.

Bagaimana jika rumah Sobat Ngopi termasuk yang minim terkena cahaya matahari? Tidak perlu protes pada tetangga karena rumah Anda terhalang, tapi lakukanlah sedikit perubahan pada beberapa bagian di rumah.

Ganti Cat Bernuansa Cerah
Untuk menghilangkan kesan suram, ganti cat rumah Anda dengan warna-warna terang karena warna terang akan memantulkan cahaya yang diterima. Tapi perlu diingat, hindarilah warna putih karena perpaduan warna putih dengan cahaya matahari akan menciptakan nuansa kebiruan yang mirip dengan suasana di rumah sakit. Pilih warna krem, kuning gading, atau nila muda.

sumber: archify.com

Penggunaan wallpaper juga bisa menjadi alternatif, tapi gunakan hanya di satu sisi saja sebagai aksen. Selain itu, berkreasilah dengan warna-warna terang untuk menciptakan suasana cerah dan ceria di ruangan yang tidak mendapat cahaya matahari yang cukup.

Batasi Furnitur
Rumah yang tidak mendapat cahaya matahari yang cukup akan cenderung gelap. Oleh karena itu, hindari menumpuk furnitur di rumah. Batasi jumlah furnitur agar ruangan tidak penuh sesak. Lagipula, tidak semua furnitur yang ada fungsional alias sekadar pajangan.

Pilih furnitur dan hiasan dinding dengan ukuran yang tidak terlalu besar untuk menghindari kesan penuh sesak. Untuk materialnya, pilih yang berbahan ringan dan transparan agar cahaya yang masuk dapat dipantulkan oleh furnitur tersebut.

Tambah Pencahayaan
Pencahayaan tambahan sangat dibutuhkan rumah yang sedikit mendapat cahaya matahari. Pasang lampu tambahan di sudut-sudut ruangan. Maksimalkan juga fungsi jendela dan gunakan tirai tipis agar cahaya matahari tidak terhalang. Selain itu, hindari meletakkan furnitur di depan jendela karena dapat menghalangi cahaya matahari.

Jika Sobat Ngopi punya dana lebih, bisa manfaatkan untuk mengganti sebagian atap genting dengan kaca atau fiberglass agar sinar matahari bisa masuk dan menyinari rumah Anda.

Tinggalkan Balasan