Tagihan Listrik Naik Gara-Gara Kulkas? Lakukan 3 Hal Ini Agar Hemat Energi

Kalau tagihan listrik di rumah Sobat Ngopi tiba-tiba naik, mungkin itu karena lemari es yang baru saja dibeli. Kulkas memang banyak memakan energi listrik. Dan tak banyak yang tahu, pemakaian listrik di rumah bisa naik 30% hanya karena ada debu menempel di bagian belakang kulkas.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar kulkas di rumah lebih hemat energi? Berikut tips sederhana yang bisa Sobat Ngopi lakukan agar tagihan listrik di rumah tak melonjak.

Jaga Kebersihan Kulkas
Jaga kondisi kulkas agar selalu bersih. Rutinlah membersihkan seluruh bagian kulkas, baik bagian luar maupun bagian dalamnya. Bersihkan isi kulkas yang sudah lama tidak dikonsumsi dan yang mulai membusuk. Untuk bagian freezer, bersihkan dari bunga es yang menumpuk, jangan sampai menjadi sangat tebal.

sumber: lgnewsroom.com

Selain itu, jaga agar bagian belakang kulkas yang merupakan tempat kondensor tidak tertutup debu tebal. Semakin bersih kulkas, maka semakin kecil energi yang dipakai untuk mempertahankan suhu.

Beri Jarak Antara Kulkas dan Dinding
Jangan meletakkan kulkas dengan menempel pada dinding. Jarak ideal antara kulkas dengan dinding adalah 10 cm – 15 cm, sedangkan batas jarak dengan langit-langit sekitar 30 cm. Memberi jarak sangat penting karena kulkas mengeluarkan udara panas. Jika udara di sekitarnya tidak bersirkulasi dengan baik, maka kerja kulkas dalam mempertahankan suhu rendah akan semakin berat.

Beri Jarak dengan Perabotan Dapur Lain
Perhatikan jarak kulkas dengan peralatan dapur lain yang juga mengeluarkan udara panas, seperti kompor atau microwave. Beri jarak agar letaknya tidak terlalu berdekatan.

Perhatikan Kapasitas Kulkas
Jangan lupa untuk membaca buku manual untuk mengetahui kapasitas kulkas. Jangan isi lemari es dengan terlalu banyak bahan makanan, tapi jangan juga biarkan isi kulkas kosong sama sekali.

sumber: nytimes.com

Hindari Makanan Panas
Jangan sekali-kali mengisi kulkas dengan makanan panas yang baru diangkat dari kompor. Bahkan, jika masih hangat pun sebaiknya dihindari. Jika ingin memasukkan makanan ke dalam kulkas, diamkan dulu pada suhu ruang sampai tidak panas lagi.

Perhatikan Komponen Kulkas
Perhatikan komponen-komponen kulkas, salah satunya karet pada pintu kulkas. Jangan sampai karet tersebut dalam kondisi longgar, apalagi sampai lepas. Pasalnya, karet berfungsi untuk melindungi bagian dalam kulkas dari udara panas di sekitarnya.

Tinggalkan Balasan