Tak Perlu Panggil Tukang Sedot, Ini Solusi Segala Macam Mampet!

Banyaknya kotoran dan sampah bisa menyebabkan mampat di saluran-saluran air di rumah Sobat Ngopi. Jika sudah tersumbat, Anda akan direpotkan dengan genangan air yang bukan hanya kotor, tapi juga bau. Jika hal tersebut terjadi, Anda biasanya akan memanggil tukang sedot, dan biayanya pun tidak murah.

Tapi, sebenarnya relatif tidak sulit untuk membersihkan saluran-saluran air yang mampat. Hanya diperlukan alat-alat sederhana dan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasaran. Nah, agar rumah Sobat Ngopi bebas mampat, simak solusi berikut ini, ya!

Saluran Pembuangan Air Tersumbat
Untuk mengatasi saluran pembuangan air yang tersumbat, taburkan soda api pada saluran pembuangan air tersebut. Biarkan selama satu malam, kemudian bilas dengan air hingga kotoran yang menyumbat saluran terkikis habis.

Wastafel Mampat
Untuk wastafel yang mampat, buat campuran dari satu sendok makan soda api dan satu cangkir cuka. Tuang adonan tersebut ke dalam wastafel. Sisa-sisa makanan yang menyumbat wastafel pun akan hancur. Cara lainnya, masukkan garam dan bikarbonat soda ke dalam mulut saluran wastafel, kemudian siram dengan air mendidih.

sumber: forceplumbingandheating.com

Kloset Mampat
Jika kloset mampat, ambil satu kilogram garam dapur yang dilarutkan ke dalam satu ember air. Tuangkan larutan ke dalam kloset, dan jangan gunakan dulu selama lima jam. Setelah lima jam, siram air sebanyak-banyaknya ke kloset dengan hentakan kuat. Kloset pun akan kembali lancar.

Shower Mampat
Jika shower mampat, rebus kepala shower dari logam dengan larutan satu liter air dan satu cangkir cuka selama 15 menit. Untuk kepala shower dari plastik, cukup direndam dalam air panas dan cuka dengan perbandingan yang sama.

Keran Air Mampat
Untuk keran air yang mampat, buka kepala keran, kemudian rendam filter keran di dalam cairan cuka selama setengah hari. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih, lalu pasang kembali.

Tinggalkan Balasan