Terbuat dari Material yang Aman, Ini 5 Jenis Karpet yang Ramah Anak

Penggunaan karpet sebagai alas lantai di rumah sangat penting, terutama untuk anak-anak. Karena itu, pemilik rumah harus memilih karpet yang tepat, khususnya dari material yang digunakan.

Jenis material yang berbeda tentu akan membedakan tingkat keamanan dan kenyamanan karpet. Dilansir dari thespruce.com, berikut ini lima jenis karpet yang relatif aman dan ramah anak.

Karpet PET
Karpet PET (polyethylene terephthalate) merupakan salah satu jenis karpet ramah lingkungan yang terbuat dari wadah plastik daur ulang. Karpet ini dikenal awet, tahan terhadap noda, dan juga memiliki harga yang terjangkau. Meski berbahan plastik, karpet ini memiliki tekstur yang lembut dan nyaman digunakan.

sumber: alexandersrugcare.com

Karpet Nilon
Karpet yang terbuat dari kain nilon merupakan karpet yang paling populer dan banyak digunakan. Karpet nilon dikenal sangat lembut, estetik, sangat kuat, dan tahan lama.

Pada dasarnya karpet berbahan nilon sangat mudah dibersihkan. Hanya saja, noda lebih cepat menempel di karpet ini. Karena itu, karpet nilon harus dibersihkan dengan uap atau mesin penghisap setahun sekali.

Karpet Triexta
Karpet triexta dikenal lebih kuat dan tahan terhadap noda dibandingkan dengan nilon. Karpet ini juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan nilon.

Karpet jenis ini juga mudah dibersihkan. Selain itu, triexta sangat tahan terhadap kelembapan. Karenanya, karpet jenis ini sangat cocok digunakan untuk area dengan lalu lintas tinggi di rumah.

Karpet Olefin
Karpet olefin disebut juga polipropilena. Karpet ini juga menawarkan ketahanan yang sangat baik terhadap noda. Olefin merupakan serat sintetis yang dapat menahan kelembapan, sehingga paling cocok digunakan untuk karpet di balkon.

Karpet jenis ini warnanya tidak mudah pudar saat terkena sinar matahari, pemutih, atau elemen keras lainnya. Namun, karpet berserat olefin mungkin tidak tahan lama seperti jenis lainnya. Karpet olefin cenderung kusut dengan cepat, dan karena lebih banyak menyerap minyak, membersihkannya akan menjadi sangat sulit.

Karpet Wol
Karpet berbahan wol menjadi jenis karpet lainnya yang dapat menjadi pilihan di rumah. Wol merupakan bahan alami, dengan kualitas tinggi dan kuat.

Karpet wol tentu tahan terhadap tanah, terbarukan dan ramah lingkungan, tidak menyebabkan reaksi alergi, serta menawarkan nuansa lembut dan mewah saat disentuh. Selain itu, wol juga tahan terhadap api. Karpet ini cukup tangguh dan tahan lama dan juga cocok digunakan di area rumah dengan lalu lintas sibuk.

Tinggalkan Balasan