Terpaksa Jemur Cucian di Dalam Rumah? Simak 7 Tips Ini Agar Pakaian Cepat Kering

Karena satu dan lain hal, misalkan hujan yang tak kunjung reda atau mencuci pada malam hari, kita terpaksa menjemur cucian di dalam rumah. Tapi karena tidak mendapat panas dari sinar matahari, cucian yang dijemur di dalam ruangan lebih lama keringnya.

Lalu, bagaimana agar cucian yang dijemur di dalam rumah bisa lebih cepat kering meski tak terkena matahari? Simak tips berikut ini yang bisa jadi solusi buat Sobat Ngopi semua.

Gunakan Pengering Cucian
Jika harus menjemur di dalam rumah, pastikan cucian dikeringkan terlebih dahulu dengan alat pengering pada mesin cuci. Selain jauh mengurangi jumlah air yang terserap di serat kain, juga untuk menghindari tetesan air di lantai rumah.

sumber: thenewsminute.com

Hindari Bahan Jeans
Jika ingin menjemur cucian di dalam rumah, hindari pakaian berbahan jeans. Pakaian jeans mudah menyerap air dan sekaligus menahannya di serat kain, sehingga membutuhkan waktu lama untuk mengeringkannya.

Gunakan Deterjen Anti Bau Apek
Cucian basah yang tak terkena panas dan sinar matahari akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Jika terpaksa harus menjemur di dalam rumah, gunakanlah deterjen dengan formula khusus yang tidak menyebabkan cucian jadi bau apek.

Jepit Berjarak atau Gunakan Gantungan Baju
Agar cepat kering, jemur cucian dengan menggunakan jepitan dan harus berjarak. Jepit cucian pada bagian bahunya atau ujung kain, dan biarkan cucian membentang ke bawah untuk mempercepat turunnya air. Jika tidak ada jepitan, dapat dijemur menggunakan gantungan baju dan jangan lupa beri jarak.

Dianginkan dengan Kipas
Jika di rumah terdapat kipas angin, jemur cucian di dekat kipas angin yang menyala dengan kecepatan sedang. Angin dari kipas dapat membantu cucian basah cepat kering.

Keringkan dengan Pemanas atau Handuk Hangat
Jika terburu-buru ingin memakai pakaian yang belum kering benar, gunakan alat elektronik yang menghasilkan panas seperti setrika atau hair dryer untuk membuat cucian cepat kering. Cara ini efektif untuk pakaian berbahan katun, rayon, twistcone, dan ceruti.

Untuk bahan pakaian lainnya seperti jeans, coba gunakan handuk hangat dan kering. Caranya, cukup usap-usap handuk ke seluruh pakaian jeans yang basah. Lakukan berkali-kali dan diamkan dengan cara menggantungnya.

Bekukan di Freezer
Ada cara unik untuk mengeringkan cucian, yaitu dengan membekukan pakaian di dalam freezer hingga muncul bunga es. Cara ini terinspirasi dari para penjelajah kutub yang menutup pakaian mereka yang basah hingga membeku. Setelah membeku, mereka menggosoknya dengan keras butiran-butiran es yang menempel hingga rontok.

Tinggalkan Balasan