Tips Bersih-Bersih Rumah Pasca Kebanjiran

Di musim hujan yang sedang deras-derasnya ini mungkin ada Sobat Ngopi yang mengalami kebanjiran. Tidak enak memang kalau rumah sudah kena banjir, dan yang paling menyebalkan dari kebanjiran adalah kegiatan bersih-bersih rumah. Karena bukan hanya kemasukan air, rumah juga akan penuh dengan sampah dan lumpur yang terbawa oleh air bah.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk membersihkan rumah pasca kebanjiran? Berikut langkah-langkah penting yang harus Sobat Ngopi perhatikan dengan baik.

Matikan Aliran Listrik
Biasanya PLN memutus saluran listrik di daerah yang terkena banjir. Namun, bila aliran listrik di rumah Anda tetap menyala, segera matikan untuk menghindari bahaya korsleting atau tersengat listrik.

sumber: scientificamerican.com

Gunakan Air Bersih
Banjir yang datang biasanya akan membawa masuk lumpur masuk ke dalam rumah. Untuk membersihkannya, pakai selang panjang dan serokan karet untuk menyemprot lumpur dari dalam rumah. Jangan lupa, semprot sampah dan lumpur dengan air bersih, bukan dengan genangan air di dalam rumah.

Gunakan Sarung Tangan, Alas Kaki, dan Masker
Banjir juga sering kali membawa berbagai penyakit, seperti sakit pernapasan dan pencernaan. Agar tidak tertular penyakit-penyakit yang disebabkan banjir, sebaiknya gunakan sarung tangan, alas kaki, dan masker saat membersihkan rumah.

Semprotkan Disinfektan
Bakteri dan virus juga sering terbawa oleh banjir. Karena itu, disinfektan sangat diperlukan untuk membersihkan rumah yang kebanjiran. Semprotkan disinfektan ke dinding, lantai, atau area tersembunyi dan sulit terjangkau seperti kolong lemari atau di sela-sela meja dan kursi.

sumber: home.bt.com

Jemur Perabot dan Furnitur
Perabot dan furnitur yang basah dan lembab harus dijemur di bawah sinar matahari langsung. Pengeringan menggunakan cahaya matahari sangat efektif untuk membunuh kuman dan mengurangi bau tak sedap.

Sebelum dijemur, cuci dahulu dengan air panas barang-barang seperti pakaian, selimut, handuk, sepatu, dan lain-lain. Untuk karpet atau kasur, setelah dibersihkan dan dijemur, perlu disemprot dengan cairan disinfektan. Setelah itu jemur kembali sampai benar-benar kering.

Rebus Peralatan Makan
Agar terhindar dari sakit pencernaan pasca rumah kebanjiran, rebus peralatan makan yang terbuat dari logam dan silikon tahan panas selama 5–10 menit. Sobat Ngopi juga bisa menyiramnya dengan menggunakan air mendidih.

Selamat bersih-bersih ya, Sobat Ngopi! Semangat!!

Tinggalkan Balasan