Tips Desain Kamar Mandi yang Nyaman Buat Si Kecil

Kadang menyuruh si kecil mandi bisa jadi hal yang sangat menyulitkan. Anak-anak kerap malas mandi karena masih mengantuk karena baru bangun tidur atau terlalu lelah setelah bermain di sore hari. Karena itu, si kecil punya kamar mandi pribadi, buatlah kamar mandi menjadi ruangan yang nyaman, menyenangkan, dan juga aman untuk mereka.

Apa saja yang harus diaplikasikan pada kamar mandi anak? Berikut tipsnya yang tentu akan berguna untuk Sobat Ngopi semua.

Warna Cerah dan Dekorasi Ceria
Agar anak-anak tidak malas-malasan saat diminta mandi, pilih warna-warna cerah dan dekorasi yang ceria pada kamar mandi. Tokoh kartun kesayangan si kecil, misalnya Mickey Mouse atau Teletubbies bisa jadi inspirasi dekorasi kamar mandi. Bisa juga tambahkan gambar dengan kata-kata motivasi yang bisa memberi semangat anak untuk mau menggosok gigi.

sumber: getadecor.com

Rak Alat Mandi Favorit
Biasanya anak-anak punya peralatan atau mainan mandi favorit yang harus selalu ada setiap mereka mandi, seperti bebek plastik, sikat gigi karakter kartun, mainan kapal selam, atau bola-bola plastik warna-warni. Agar semua barang kesukaan si kecil tidak hilang atau lupa dibawa saat mandi, buatlah rak khusus untuk menyimpan itu semua di dalam kamar mandi.

Pengganjal Pintu
Agar anak-anak tak terkunci di kamar mandi saat ditinggalkan, tambahkan pengganjal pintu dari karet untuk menahan pintu jika tertutup sendiri. Pilih pengganjal pintu berbentuk karakter kartun kesukaan si kecil.

Alas Karet
Agar si kecil tidak terpeleset saat mandi, lapisi lantai kamar mandi dan bathtub dengan alas karet anti selip. Pilih alas yang berwarna cerah, atau pilih saja alas dengan warna kesukaan si kecil. Ada juga alas karet yang bergambar abjad dan angka, untuk si kecil belajar mengeja dan berhitung saat mandi.

Penutup Kloset
Jika menggunakan kloset duduk, pilih kloset dengan penutup untuk menghindari si kecil memasukkan anggota tubuhnya atau benda-benda lain ke dalam kloset. Begitupun dengan kloset jongkok, selalu tutup bagian atasnya saat tidak dipakai untuk menghindari si kecil terpeleset ke lubang kloset.

Bangku Pijakan
Sediakan sebuah bangku kecil yang biasa digunakan sebagai pijakan tambahan ketika si kecil ingin meraih tempat yang lebih tinggi. Pastikan pijakan tersebut cukup kokoh untuk menopang tubuh anak, dan taruh bangku tersebut di area lantai yang tidak licin.

Tinggalkan Balasan