Tips Lengkap Seputar Tirai, Mulai dari Memilih Sampai Memasangnya

Tirai bukan hanya berfungsi untuk menghalangi sinar matahari berlebih dan menyaring udara, tapi juga bisa memperindah interior sebuah ruangan. Karena itu, pemilihan dan pemasangan tirai pun harus sesuai dengan ruangannya.

Nah, sebelum memilih dan memasang sendiri tirai di rumah, ada empat hal yang istilahnya harus diketahui terlebih dahulu, yaitu tongkat penyangga (rod), ujung tongkat (rod finials), cincin (ring), dan tali pengikatnya (tiebacks). Berikut tips penting dalam memilih tirai yang sesuai dan memasangnya dengan benar di ruangan di rumah.

1. Tirai memiliki dampak besar dalam memberikan keindahan visual pada sebuah. Karena itu, pikirkan secara matang warna dan motif tirai yang akan dipasang. Sesuaikan warna dan bahan tirai dengan tema cat dinding ruangan untuk memberikan efek yang maksimal.

sumber: fabric-direct.co.uk

2. Pilih ukuran tirai dan tongkat yang tepat. Ruangan yang kecil tidak cocok dengan tirai dan tongkat yang besar dan tebal, begitu pula sebaliknya. Pastikan keduanya selaras dengan ukuran dan juga ketinggian langit-langit ruangan.

3. Ukuran tirai dan tongkat harus sama. Tirai yang besar cocok dengan tongkat yang besar dan tebal, begitupun sebaliknya.

4. Walaupun kecil, ujung tongkat tirai (finials) tidak boleh dilupakan karena merupakan pemanis dari keseluruhan tirai. Biasanya, tongkat dan ujungnya merupakan satu kesatuan. Pastikan juga untuk memilih gaya yang tepat.

5. Pertimbangkan bahan tirai yang dipilih karena setiap bahan memiliki karakteristik yang berbeda. Misalnya, wol bersifat kuat, katun fleksibel dan mudah dibersihkan, beludru memiliki kesan mewah, dan lain sebagainya.

6. Pasanglah tongkat tirai tepat di atas bingkai jendela, bukan sejajar dengan bingkai jendela. Fungsinya, untuk membuat ruangan tampak lebih luas.

7. Sesuaikan tirai dengan level privasi yang dibutuhkan. Hindari memilih tirai tipis (sheer) jika ingin privasi lebih. Sebaliknya, jika tidak terlalu mementingkan privasi, bisa gunakan tirai yang tipis atau tembus pandang.

8. Pertimbangkan penempatan tali (tiebacks) karena penempatan yang berbeda akan memberikan efek yang berbeda pula. Jendela bisa terlihat sempit atau luas, dan tirai pun bisa terlihat formal atau santai, hanya dengan adanya perbedaan penempatan tali.

Tinggalkan Balasan