Tips Membeli Karpet untuk Mempercantik Rumah

Selain warna dinding dan pemilihan furnitur, kehadiran karpet yang membentang di lantai juga bisa menjadi elemen yang mempercantik penampilan rumah. Selain itu, karpet juga menawarkan kelembutan dan kehangatan yang membuat penghuni rumah merasa lebih nyaman.

Karena itu, membeli karpet tidak boleh asal. Ada beberapa hal yang pertlu dipertimbangkan untuk mendapatkan karpet yang sesuai dengan selera, dan juga rumah Anda.

Fungsi
Sebelum membeli karpet, tentukan dulu apakah karpet tersebut untuk bersantai atau hanya untuk dekorasi. Untuk fungsi yang berbeda, tentu juga akan membedakan bahan, motif, cara perawatan, dan lain-lain.

sumber: zameen.com

Bahan
Karpet terbuat dari bahan yang beragam, mulai dari wol, sintesis, hingga sutra. Untuk karpet di kamar, sebaiknya memilih bahan wol agar lebih lembut. Sementara untuk ruang keluarga, sebaiknya pilih bahan sintesis yang mudah dibersihkan. Jika \ingin merasa lebih nyaman saat menggunakannya, pilih karpet dengan bahan karet atau busa.

Ukuran
Ukuran jadi pertimbangan penting dalam memilih karpet. Jika salah memilih ukuran karpet, akan merusak tampilan sebuah ruangan. Karpet yang terlalu besar akan menyebabkan ruangan terlihat lebih sempit, namun jika terlalu kecil, karpet tidak terlalu terlihat.

Bujet
Tentukan anggaran khusus untuk membeli karpet. Jangan memaksakan membeli karpet mewah dengan harga yang mahal. Bandingankan juga harga karpet di beberapa toko yang berbeda agar tidak menyesal saat membelinya.

Motif
Pilih motif yang sesuai dengan tema ruangan. Jika ruangan berwarna cerah, pilih motif karpet yang tidak terlalu ramai atau karpet polos sekalian. Yang perlu diingat, jangan memilih karpet warna terang atau putih untuk ruang tamu karena akan cepat kotor karena sering terinjak atau terkena tumpahan minuman.

Perawatan
Pilih karpet dengan perawatan yang mudah agar tidak merasa sulit saat membersihkannya. Perawatan karpet yang paling mudah adalah rutin membersihkan karpet setiap hari dengan vacuum cleaner.

Ramah Lingkungan
Pilih karpet yang tidak memiliki zat kimia yang mudah menguap seperti formalin atau bahan kimia lain yang menimbulkan bau khas. Karpet dari bahan alami seperti wol atau bahan organik lainnya akan lebih baik dan ramah lingkungan.

Tinggalkan Balasan