Tips Mempercantik Kolam Ikan, Dijamin Betah Nongkrong Sampai Penat Hilang

Kolam ikan di rumah bisa jadi obat penat yang ampuh setelah seharian bekerja di kantor dan hadapi kemacetan lalu lintas kota. Sobat Ngopi yang tadinya stres bisa segar kembali hanya dengan merasakan nuansa natural, mendengar suara gemericik air, dan melihat ikan hias yang berlalu lalang.

Agar makin betah lagi nongkrong sambil relaksasi di tepi kolam ikan, percantik tampilannya dengan sedikit modifikasi dari segi desain juga perawatannya. Apa saja yang perlu ditambahkan? Berikut tips yang berguna buat menambah inspirasi Sobat Ngopi.

Tambahkan Lampu Sorot
Selain menambah pencahayaan, menambahkan lampu sorot di sekitar kolam ikan bisa membuat kolam terlihat lebih elegan.

sumber: aquaticparadise.com.my

Tambahkan Dermaga/Bangku Kecil
Tambahkan sebuah dermaga atau bangku kecil di sekitar kolam ikan yang bisa dijadikan spot untuk duduk-duduk sambil memberi makan ikan.

Hiasi dengan Tanaman
Tanami lahan di sekitar kolam dengan tanaman hias sehingga kolam ikan terlihat lebih asri. Namun yang perlu diingat, jangan masukkan tanaman hias ke dalam kolam karena dapat mengganggu pertukaran udara antara ikan dan akar tanaman hias.

Mainkan Warna dan Material
Agar tak terlihat monoton dengan kolam ikan bisa dimodifikasi dengan mengecat dindingnya dengan warna putih. Selain itu, bisa juga tempelkan batu alam pada dindingnya.

Rutin Bersihkan Kolam
Penampilan kolam ikan akan terus terlihat cantik jika rutin dirawat dan dibersihkan. Jika kolam ikan menggunakan filter, bersihkan filternya setiap bulan. Jika tidak dibersihkan, kolam ikan akan cepat kotor dan ganggang akan dengan mudah menempel di dinding kolam.

Rutin membersihkan kolam juga bisa menghindarkan ikan-ikan kesayangan terinfeksi penyakit. Jika sudah sakit, tubuh ikan tidak akan seindah ikan sehat. Sisiknya banyak yang terlepas dan tubuhnya berjamur.

Gunakan Bubuk Abate
Kehadiran jentik-jentik nyamuk di kolam ikan bukan hanya berisiko munculkan penyakit demam berdarah, tapi juga terlihat tidak indah. Jika tidak ingin kolam ikan di rumah jadi sarang nyamuk, taburkan bubuk Abate untuk membunuh jentik nyamuk. Meskipun perawatannya tidak sebesar kolam renang, tetap saja kolam ikan perlu diperhatikan kebersihannya jika tidak ingin ikan-ikan kesayangan Anda terinfeksi penyakit.

Tinggalkan Balasan