Tips Menata Rooftop Jadi Tempat Asyik Buat Nongkrong

Area rooftop bisa menjadi spot favorit di rumah. Karena lokasinya yang berada di paling puncak, rooftop sangat nyaman dijadikan tempat menyendiri ataupun berkumpul dan berpesta.

Jika ditata dengan baik, rooftop akan terlihat menarik dan juga bisa memberikan sentuhan estetika pada hunian. Untuk menata area rooftop di rumah, ada beberapa langkah yang bisa Sobat Ngopi lakukan. Apa saja, ya?

Beri Naungan

foto: seattlemag.com

Karena letaknya di atas, area rooftop akan terkena paparan sinar matahari secara langsung di siang hari. Jika ingin membuat rooftop sebagai tempat nongkrong, sebaiknya tambahkan tenda, payung besar, atau kanopi.

Buat Senyaman Mungkin

foto: houzz.com

Bagian rooftop biasanya hanya terdiri dari material bangunan kombinasi baja, batu bata, dan beton. Jadi, diperlukan tambahan material untuk membuatnya terlihat hangat. Tambahkan juga permadani atau karpet untuk luar ruangan, beberapa bantal kanvas yang bisa dicuci, dan penerangan dalam bentuk lentera kertas atau lilin.

Hiasi dengan Tanaman

foto: graana.com

Jika ingin tampilan rooftop yang lebih bersahaja, jangan lupa tambahkan beberapa jenis tanaman. Pilihlah jenis tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari langsung untuk berkembang. Agar terlihat cantik, letakkan tanaman dalam pot berwarna-warni dan tata seperti taman kecil.

Jadikan Tempat Makan

foto: Jamie Rector

Meskipun sudah memiliki ruang makan di rumah, tidak ada salahnya menyulap area rooftop menjadi tempat makan outdoor. Rooftop akan memberikan nuansa yang berbeda karena kita bisa menikmati hidangan dari ketinggian dan memberikan pemandangan yang berbeda. Selain meja dan kursi, jangan lupa tambahkan alat panggangan untuk barbeque party, juga berbagai permainan menarik seperti catur, dart, atau kartu.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan