Tips Menata Ruang Belajar Agar Anak Makin Rajin Sekolah Online

Pandemi belum berakhir, dan sekolah tatap muka pun belum juga dimulai kembali. Mau tidak mau, anak-anak harus belajar online di rumah. Tapi, yang namanya anak-anak pasti ada saja tingkahnya jika sedang malas belajar. Si kecil tak jarang merajuk karena ingin bermain di luar daripada belajar online.

Karena itu, Sobat Ngopi harus bisa menciptakan suasana ruang belajar yang nyaman agar si kecil semangat belajar secara daring. Apa saja yang harus dilakukan? Tentu saja mendekor ulang ruang belajar anak menjadi lebih menyenangkan dan bikin anak-anak betah belajar.

Furnitur Nyaman
Kenyamanan sangat penting dalam menunjang semangat belajar. Karena itu, pemilihan furnitur pun harus tepat dan sesuai. Furnitur yang ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil dari tubuh anak akan membuatnya tidak betah belajar.

sumber: homelane.com

Yang tidak kalah penting, pastikan anak dalam posisi duduk yang paling baik karena dapat mempengaruhi kondisi fisik bila dilakukan terus-menerus. Perhatikan posisi duduk anak, jangan sampai terlalu membungkuk atau terlalu tinggi. Akan lebih baik lagi jika menggunakan kursi yang dapat disesuaikan ketinggiannya.

Pencahayaan Baik
Lampu yang berada di atas meja belajar berfungsi sebagai penerangan ketika anak sedang belajar. Karena itu, pilih lampu yang intensitasnya sesuai dengan kebutuhan ruang belajar.

Tempatkan bagian lampu yang memancarkan cahaya sedikit lebih tinggi dari alis mata. Selain itu, ada baiknya gunakan lampu yang dilengkapi kontrol tingkat pencahayaan dan dapat diputar hingga 300o. Lampu seperti itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan, serta dapat bergerak fleksibel mengikuti gerakan tangan untuk diarahkan ke posisi yang diinginkan.

Sirkulasi Cahaya dan Udara
Posisikan meja belajar di dekat jendela atau area yang terkena sinar matahari. Sinar matahari dan sirkulasi udara yang baik dapat membantu tumbuh kembang anak.

Tanaman Hidup
Tanaman hijau di luar jendela ruang belajar juga perlu dihadirkan agar suasana ruang belajar menjadi lebih kondusif dan dapat membantu anak tetap fokus. Selain itu, tanaman hijau juga bisa mengurangi kepenatan belajar.

Warna Favorit
Cat ruang belajar anak dengan warna favoritnya agar si kecil merasa lebih nyaman belajar. Atau, bisa juga menggunakan warna biru pada ruang belajar. Menurut riset, warna biru dinilai mampu  meningkatkan produktivitas dalam bekerja atau belajar.

Apresiasi
Letakkan hasil kreatifitas anak di ruang belajarnya. Hal itu akan membuat anak merasa karyanya telah diapresiasi dan mendorongnya untuk lebih kreatif.

Jangan Terlalu Nyaman
Suasana nyaman diperlukan di ruang belajar, tapi jangan dibuat terlalu nyaman karena dapat mengganggu fokus anak dalam belajar dan malah membuatnya ingin bermalas-malasan. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan ruang belajar karena ruangan yang rapi dan bersih sangat baik untuk menambah konsentrasi.

Tinggalkan Balasan