Tips Menyulap Kamar Mandi Jadi Berasa Punya Spa Pribadi di Rumah

Pandemi membuat banyak orang melupakan hobi perawatan di salon dan spa. Tapi jangan khawatir, Sobat Ngopi masih bisa kok merasakan nyaman dan nikmatnya perawatan spa tanpa pergi ke mana-mana. Caranya, tentu saja dengan menyulap kamar mandi di rumah menjadi ruang spa mungil.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat spa pribadi di kamar mandi rumah. Simak lima tips berikut ini yang bisa Sobat Ngopi untuk menciptakan suasana ala-ala spa.

Pilih Bathtub Nyaman
Bathtub adalah kunci mendapatkan sensasi spa yang nikmat dan nyaman. Karena itu, pilihlah bathtub yang tepat dan terasa nyaman untuk berlama-lama di kamar mandi. Bathtub yang nyaman tidak selalu mewah dengan ukuran besar. Untuk kamar mandi berukuran mungil, bathtub bergaya Japanese Soaking Tub adalah pilihan yang tepat. Bathtub jenis ini ukurannya hanya 1,5 meter x 1 meter.

sumber: houszed.com

Japanese Soaking Tub merupakan bathtub tradisional masyarakat Jepang yang biasa digunakan di luar rumah selama musim panas. Jenis bathtub ini sering ditemukan pada kuil-kuil kepercayaan Shinto. Namun, kini jenis bathtub ini banyak juga ditempatkan di ruangan tertutup.

Perhatikan Kondisi Air
Agar pengalaman spa makin nyaman, biasanya diperlukan ramuan khusus untuk dimasukkan ke dalam air. Namun, sebelum memasukkan ramuan berupa rempah-rempah, susu, atau aromaterapi cek dahulu kadar kalsium, klorin, alkalin, dan bromina dengan menggunakan alat test khusus untuk spa.

Setiap ramuan harus dimasukkan satu persatu dengan waktu jeda kurang lebih 2 jam. Setelah semuanya larut, tunggu 15 menit. Setelah itu barulah bisa mulai mengukur suhu air, kadar ph, klorin, alkalin, dan bromina dari rempah-rempah larutan tersebut. Dari hasil tes nanti akan terlihat apakah rempah-rempah tersebut baik atau tidak.

Ciptakan Suasana Ala Spa
Berlama-lama saat berendam tentu harus didukung suasana yang nyaman. Agar rileks di dalam kamar mandi berukuran kecil, caranya bisa dengan mengecat dinding kamar mandi menggunakan warna-warna alam seperti hijau, abu-abu, dan cokelat yang membuat tenang. Penerangan juga harus diperhatikan karena pada dasarnya lampu yang akan memberikan efek lain terhadap unsur warna tadi.

Pajang juga lukisan atau ornamen-ornamen indah di kamar mandi. Namun, tidak disarankan untuk memasang pajangan atau lukisan yang berukuran lebar karena akan memberi kesan sempit dan penat.

Hadirkan Unsur Alam
Salah satu unsur alam yang bisa dihadirkan adalah lantai kayu (parket). Selain memberikan kesan alam, elemen ini juga berguna untuk menyerap air. Jadi ketika selesai berendam, lantai tidak akan basah karena kucuran air dari tubuh.

Pasang Aromaterapi
Agar suasana spa makin terasa pasang aromaterapi di sekitar bathtub. Aroma terapi berbentuk lilin-lilin kecil sangat membantu untuk merelaksasikan pikiran ketika berendam di dalam bathtub. Selain itu juga, suasana terasa hangat meski harus berendam dengan waktu yang lama.

Tinggalkan Balasan