Tips Perawatan Rutin Kasur yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Kasur adalah tempat kita menghabiskan waktu setidaknya selama 8 jam setiap harinya. Tentunya kebersihan kasur harus benar-benar dijaga agar tak timbul penyakit seperti alergi, gatal-gatal, sesak napas, hingga insomnia. Karena itu, kasur memerlukan perawatan kebersihan rutin, setidaknya sebulan sekali.

Ada cara-cara mudah namun efektif untuk membersihkan kasur. Berikut ini tips-tips yang perlu dilakukan agar kasur selalu bersih dan tidur pun akan menjadi nyaman dan nyenyak.

Mencuci
Hindari penggunaan air yang terlalu banyak saat mencuci kasur. Kasur yang terlalu basah akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menjadi kering dan bisa memicu pertumbuhan jamur. Selain kasur, seprainya pun harus dicuci secara rutin setidaknya seminggu sekali.

sumber: mattressmanstores.com

Mengangin-anginkan
Mengangin-anginkan kasur seminggu sekali merupakan salah satu cara terbaik untuk memastikannya tetap bersih dan kering. Setiap kali mengganti seprai, bukalah jendela dan pintu kamar untuk membiarkan udara segar masuk.

Menyedot Debu
Bukan hanya sisi atas kasur yang biasa ditiduri, sedotlah debu pada kedua sisi kasur. Jika tidak memiliki mesin pengisap debu, bawa kasur keluar rumah dan pakai penebah kasur untuk menjatuhkan debunya.

Menjemur
Bawa kasur keluar dan diamkan di bawah paparan langsung sinar matahari. Jangan lupa untuk membalik kasur agar sisi kasur lainnya juga terjemur matahari.

Membalik Posisi
Setelah dijemur, pasang kembali kasur dengan posisi terbalik atas-bawah dan kanan-kiri. Kalau tidak memiliki terlalu banyak waktu atau tenaga untuk sering membolak-balik kasur, lakukan paling tidak empat kali dalam setahun untuk mencegah kasur cekung pada satu bagian atau sisi.

Tinggalkan Balasan