Tips Taman Tetap Indah Tanpa Perawatan Ribet

Banyak yang ingin memiliki taman yang indah tapi malas melakukan perawatan yang merepotkan. Kesibukan bekerja atau sering berada di luar rumah juga membuat sebagian orang tidak punya banyak waktu untuk merawat taman mereka. Taman pun jadi tak terbengkalai dan tak indah dilihat lagi.

Lalu, bisakah memiliki taman yang cantik, tapi tak perlu melakukan banyak perawatan yang ribet dan makan waktu? Simak tips berikut ini yang tentu akan berguna buat Sobat Ngopi semua.

Area Taman Jangan Terlalu Luas
Jika tidak ingin direpotkan oleh perawatannya, buatlah taman di bidang yang tidak terlalu luas. Taman yang areanya luasannya kecil akan lebih mudah dirawat dan tidak akan memakan banyak waktu dalam merawatnya.

sumber: startribune.com

Terkena Sinar Matahari
Pilih spot yang terkena sinar matahari langsung. Dengan unsur-unsur yang dibawa cahaya matahari, tanaman yang ada di taman bisa tetap tumbuh dengan baik.

Padukan dengan Bebatuan
Tanah di taman tak harus seluruhnya ditutupi dengan rumput. Padukan dengan batu-batuan, kayu, atau koral, yang bisa dibuat menjadi pijakan atau jalan setapak. Bebatuan di taman hampir tidak memerlukan perawatan apapun.

Pilih Tanaman yang Tidak Rewel
Pilihan yang paling tepat untuk orang yang sibuk adalah jenis tanaman yang tidak rewel. Untuk jenis rumputnya, bisa dipilih rumput gajah mini yang dikenal minim perawatan. Untuk pilihan tanamannya bisa menambahkan kaktus, lidah mertua, atau Sri Rejeki. Tanaman-tanaman tersebut cenderung tidak memerlukan penyiraman dan pemberian pupuk yang rutin.

Beri Cairan Anti Bakteri
Agar tanaman tak mudah layu walaupun minim perawatan, berilah suplemen anti bakteri yang bisa dibuat sendiri. Caranya, campurkan beberapa tetes cairan pembersih mulut dengan air yang akan dipakai untuk menyiram tanaman. Anti bakteri yang terkandung dalam cairan pembersih mulut akan menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan tanaman layu.

Tinggalkan Balasan