Trik Agar Betah Tinggal di Kamar Kos Kecil

Kamar kos biasa, bukan kamar kos sultan yang eksklusif, umumnya bertipe studio dengan luas rata-rata hanya rata-rata 9 m2. Penghuninya mau tak mau harus bisa membiasakan diri tinggal dalam waktu cukup lama di ruangan yang begitu terbatas. Wajar saja jika terkadang muncul kebosanan dan perasaan tak betah.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar betah tinggal di kamar kos kecil? Simak trik-trik desain berikut ini agar kamar kos Sobat Ngopi jadi terasa lebih lega dan nyaman.

Pasang Beberapa Cermin
Yang terbukti ampuh membuat ruangan sempit terkesan lebih luas adalah cermin. Karena itu, coba tambahkan cermin di beberapa sisi dan sudut kamar kos. Agar tak monoton, pilih cermin yang bentuknya tak melulu persegi, atau pilih lemari yang terdapat cermin pada pintunya.

sumber: yukepo.com

Pilih Furnitur Multifungsi
Untuk menghemat tempat, gunakan furnitur atau perabot yang multifungsi. Misalnya, sofa yang bisa diubah menjadi tempat tidur, rak buku yang bagiannya bisa ditarik menjadi meja, atau ranjang yang memiliki banyak laci penyimpanan di bagian bawahnya.

Hindari Perabotan Berat
Sebaiknya hindari pemilihan perabot yang berat. Lebih baik lagi jika perabot atau furnitur tersebut dilengkapi dengan roda di bagian bawahnya untuk memudahkan saat akan dipindahkan atau saat ingin menata ulang ruangan. Agar tidak gampang bergeser, lengkapi rodanya dengan kunci pengaman.

Hindari Lampu Sentral
Hindari penggunaan lampu sentral karena akan membuat ruangan terasa makin sempit. Sebaiknya gunakan lampu khusus di sudut-sudut kamar untuk membuat ruangan terasa luas.

Aplikasikan Warna Pastel
Pemilihan cat dinding penting dalam memberi kesan pada ruangan. Pilih warna-warna pastel yang akan membuat ruangan terasa lebih hangat dan lebih luas, dan hindari penggunaan warna gelap dan pekat.

Tinggalkan Balasan