Trik Mendesain Ruangan Asimetris Jadi Lebih Selaras

Mendesain ruangan yang berbentuk asimetris lebih menantang ketimbang mendesain ruangan yang simetris. Pasalnya, untuk membuat ruangan asimetris terlihat lebih selaras, harus diciptakan kesan simetris dengan pemilihan furnitur, warna, aksesori, dan elemen-elemen lain yang sesuai titik penempatannya.

Ada beberapa trik untuk menyulap ruangan asimetris menjadi selaras dalam simetrinya. Yang perlu diperhatikan dalam mendesain ruangan asimetris adalah penentuan titik fokus dan susunan bentuk dan warna tertentu.

Pilih Pola Diagonal
Bentuk asimetris ruangan akan terlihat dari pemasangan lantai keramik, terutama di bagian yang berbatasan dengan dinding. Untuk membuatnya terkesan lebih simetris, pilih keramik dengan pola diagonal.

sumber: designspeak.asia

Tentukan Titik Fokus
Perhatikan kondisi ruangan dari setiap sudut, kemudian tentukan focal point (titik fokus)seperti ranjang atau jendela yang bentuknya unik. Hal ini akan membantu untuk menentukan area yang akan didekorasi secara simetris.

Letakkan furnitur di sekitar titik fokus, misalnya, menempatkan nakas di kanan-kiri kepala tempat tidur dengan simetris. Gunakan sebuah furnitur sebagai pusat dari bagian simetris tersebut. Di kamar tidur, tempatkan ranjang sebagai pusat.

Aplikasikan Susunan Simetris
Tentukan furnitur yang akan dapat digunakan dalam susunan simetris, seperti sepasang kursi kecil yang identik, sepasang nakas dan lampu meja, atau sofa dengan warna yang sama.

Di ruangan kecil, pertimbangkan furnitur sebagai pusat susunan simetris. Misalnya, menempatkan sofa di sisi meja kecil dan dua kursi berlengan di seberangnya. Tambahkan pula hamparan karpet di bawah meja untuk memperkuat kesan simetris.

Pemilihan Warna yang Sama
Untuk menciptakan suasana yang simetris, cat furnitur-furnitur dalam ruangan asimetris dengan warna yang sama. Atau, bisa juga menempatkan sepasang tempat lilin atau vas bunga berwarna sama di salah satu sudut.

Penggunaan warna senada merupakan cara untuk membuat ruangan terlihat simetris. Menyederhanakan warna ruang adalah langkah pertama, selanjutnya tambahkan warna dasar dengan warna netral seperti putih atau krem, serta satu warna aksen. Hal ini akan membawa mata dari satu titik ke titik lain tanpa teralih.

Kelompokkan Bentuk
Mengelompokkan aksesori dengan bentuk tertentu juga dapat menambah kesan simetris bagi ruangan. Misalnya, menempatkan susunan botol kecil, mangkuk, dan vas. Kesan simetris bisa juga dilakukan dengan mengatur bingkai-bingkai foto dalam pola berbentuk L. Untuk kesan keseimbangan, jangan memasang frame foto berukuran sama.

Tinggalkan Balasan