Untuk Para Pemalas, Ini Trik Jitu Agar Rumah Selalu Terlihat Rapi

Merapikan dan membersihkan rumah selalu jadi hal yang berat dan tidak menyenangkan untuk dilakukan, apalagi untuk Sobat Ngopi yang termasuk pemalas. Wah, kalau sudah seperti itu rumah bakalan berantakan terus.

Tahu nggak, rapi-rapi rumah bisa dilakukan dengan usaha yang tidak terlalu melelahkan, loh. Hanya dengan sedikit mengatur barang di beberapa tempat, rumah bisa terlihat rapi. Nah, buat Sobat Ngopi yang malas merapikan rumah dan membereskan barang-barang, simak trik jitu yang sangat bermafaat berikut ini:

Jurus Sembunyikan Perlengkapan
Buat orang yang malas merapikan perlengkapan di rumah, trik paling jitu adalah menyembunyikannya. Misalnya, masukkan alat-alat tulis yang bergeletakan di meja ke dalam laci. Dengan begitu meja kerja terlihat rapi.

sumber: menafn.com

Contoh lainnya, peralatan mandi yang menumpuk di area wastafel. Banyaknya benda di area wastafel membuat sempit saat akan mencuci tangan dan membasuh muka. Karena itu, buatlah rak khusus untuk menyimpan sikat gigi, odol, sampo, pisau cukur, dan peralatan mandi lainnya.

Kabel Dijadikan Satu
Jangan biarkan kabel-kabel di rumah menjuntai ke mana-mana. Trik mudah membereskannya adalah dengan menyatukan kabel-kabel dari satu perangkat yang sama, juga kabel-kabel yang sejenis. Caranya, ambil beberapa paper clip berukuran besar lalu jepitkan ke pinggir meja. Setelah itu masukkan connector charger ke dalam lubang paper clip, dan kabel berantakan pun menjadi rapi.

Atur Laci ‘Tempat Persembunyian’
Jika Sobat Ngopi jadikan laci sebagai tempat untuk menyembunyikan barang-barang, harus ada banyak laci di rumah. Kalau tidak punya cukup banyak laci untuk menyimpan barang-barang, cara mudah menatanya adalah dengan memberi sekat. Manfaat dari pemberian sekat ini untuk mengelompokkan beragam jenis barang ke masing-masing sekat pada laci.

Cara membuatnya, siapkan beberapa kardus sereal bekas, kertas kado, gunting, cutter, dan lem. Lalu, potong kardus sesuai dengan lebar dan tinggi laci. Tutup seluruh bagian kardus dengan kertas kado agar lebih menarik.

Garasi Jadi Gudang Kedua
Untuk para pemalas yang biasa memakai trik sembunyikan barang, sudah pasti gudang di rumah akan cepat penuh. Karena itu, butuh gudang kedua untuk menyimpang barang-barang yang tidak terpakai. Garasi bisa jadi pilihan tepat untuk dipakai sebagai gudang cadangan untuk menyimpan berbagai perkakas dan peralatan rumah tangga.

Tapi, jangan biarkan garasi jadi berantakan karena dijadikan gudang kedua. Agar garasi selalu rapih dan bersi, perhatikan lokasi penempatan barang-barang tersebut dan sortir barang-barang yang ingin disimpan. Jika punya bujet berlebih, buat rak atau tempat penyimpanan.

Jika ukuran garasi tidak terlalu besar, pasang rak yang dikaitkan ke atap atau dinding bagian atas.Bisa juga gunakan hook yang dipasang di dinding sebagai pengait untuk berbagai barang yang bisa digantung. Untuk menyimpan benda-benda tajam, siapkan rigid foam (busa kaku) dan kayu lapis, lalu rekatkan keduanya dengan lem khusus untuk busa. Tekan hingga menyatu dan biarkan kering selama beberapa jam. Selanjutnya, tempelkan kayu lapis ke dinding garasi dengan bor tangan, dan tancapkan benda-benda tajam di sana.

Gantung Jika Tak Bisa Disembunyikan
Jangan biasakan menaruh barang-barang begitu saja di meja. Jika malas merapikannya, sembunyikan di dalam rak atau lemari. Jika sudah tidak ada ruang di rak atau lemari, gantung barang-barang tersebut di dinding.

Misalnya untuk peralatan memasak di dapur, gantung di dinding jika rak sudah penuh. Cara termudah adalah dengan menggunakan paku yang ditancapkan ke dinding.

Siapkan Wadah Khusus
Ruang laundry adalah salah satu ruangan yang sering berantakan di rumah. Bukan hanya tumpukan cucian kotor, detergen, pelembut dan pewangi pakaian, pemutih pakaian, dan lain-lain sering kali tergeletak begitu saja. Agar ruang laundry lebih rapi, siapkan wadah khusus untuk menaruh barang-barang tersebut. Siapkan keranjang untuk menaruh cucian kotor, juga wadah khusus dari plastik untuk menyimpan perlengkapan cuci baju.

Manfaatkan Kolong Tempat tidur
Prinsipnya sama dengan tempat tidur multifungsi yang bagian bawahnya jadi rak penyimpanan, kolong tempat tidur juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang.

Tinggalkan Balasan