Wajib Dihindari, Ini 4 Kesalahan dalam Memasang Tirai

Tirai atau gorden adalah elemen yang cukup penting dalam sebuah rumah. Bukan hanya bersifat fungsional, tirai juga bisa menjadi unsur dekoratif yang dapat mempercantik tampilan interior setiap ruangan.

Sayangnya, tirai sering kali dipasang dengan cara yang keliru. Kesalahan-kesalahan tersebut biasanya terjadi karena perhitungan yang tidak tepat saat melakukan pengukuran di awal pembelian. Berikut ini empat kesalahan yang paling umum terjadi saat pemasangan tirai jendela rumah.

Salah Ketinggian Menggantung Tirai
Hindari menggantung tirai terlalu rendah sehingga hampir menyentuh lantai atau bahkan mengenai lantai. Pemasangan tirai yang benar adalah di atas frame jendela, yakni sekitar 10 hingga 20 cm dari frame, kecuali ingin memberikan kesan tinggi pada ruangan.

sumber: br.freepik.com

Hindari juga pemasangan tirai terlalu tinggi jika tirainya sendiri tidak cukup panjang. Oleh karena itu, sebelum membeli tirai, pastikan mengukurnya terlebih dahulu untuk mendapatkan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan jendela rumah. Biasanya, tirai memiliki ukuran panjang sekitar 150 cm hingga 3 meter.

Salah Ukuran Batang Tirai
Sebelum memasang tirai, pastikan batang tirainya memiliki ukuran yang sesuai dengan tirai yang akan dipasang. Batang tirai yang dimiliki juga harus sesuai dengan ukuran jendela yang akan dipasangkan tirai. Pastikan juga sinar matahari tidak dapat masuk ke jendela jika tirai ditutup. Dengan kata lain, ukuran batang tirai dan tirainya harus sesuai dengan ukuran jendela. Jika memiliki jendela yang besar, maka gunakan dua panel tirai untuk menutupinya.

Tidak Memastikan Kekuatan Batang Tirai
Ada beberapa jenis kain tirai yang membuat tirai menjadi sedikit lebih berat. Kesalahan yang biasanya dilakukan adalah tidak memperhatikan dan memastikan kekuatan besi batang tirai dengan beban tirai yang digantung. Karena itu, pilihlah jenis besi batang tirai yang kuat dan dapat menahan beban jenis kain apapun.

Tidak Menyetrika Tirai
Salah satu kesalahan sederhana yang sering terjadi adalah memasang tirai yang tidak disetrika terlebih dahulu. Tirai yang digunakan sebelum disetrika memunculkan kesan yang kusut dan berantakan. Untuk itu, setrika dulu satu per satu tirai yang akan dipasang.

Tinggalkan Balasan