Waspada! 3 Zat Berbahaya di Dalam Rumah Ini Berdampak Sangat Buruk

Zat berbahaya di dalam rumah bukan hanya karbon dioksida dari asap dapur ataupun zat-zat yang dihasilkan asap rokok penghuninya saja. Ada banyak zat berbahaya lain yang ada di dalam rumah, tapi jarang diketahui masyarakat awam, bahkan penghuni rumah itu sendiri.

Di antara zat-zat berbahaya itu, ada tiga zat yang harus dihindari. Zat-zat tersebut adalah timbal (plumbum), jamur, dan formaldehida (formaldehyde). Seberapa berbahaya ketiga zat tersebut dan apa dampak buruknya bagi kesehatan penghuni rumah? Simak ulasannya berikut ini.

Timbal
Zat timbal terkandung dalam cat, make up, atau mainan anak-anak. Timbal termasuk zat berbahaya jika dihirup terlalu banyak oleh anak-anak.

sumber: manufacturing.net

Lembaga kesehatan Amerika Serikat (EPA) menyatakan, anak-anak yang sering menghirup kandungan zat timbal berisiko mengalami keterlambatan bicara, keterlambatan berfikir, dan bahkan masalah perilaku.

Agar si kecil tak terkena dampak buruk zat timbal, sebaiknya pilih cat atau mainan anak-anak dengan kandungan timbal paling kecil. Selain itu, jauhkan anak-anak dari cat atau larang mereka bermain-main dengan koleksi makeup Anda.

Jamur
Jamur sering ditemui di rumah-rumah yang berada di kawasan beriklim basah. Semakin lembap ruangan, semakin banyak pula jamur yang menempel dan beterbangan. Namun, tak jarang juga jamur bisa hidup di tempat-tempat kering.

Jamur yang menempel di dinding rumah bisa menghasilkan racun yang dapat mengiritasi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Jika pengidap asma tidak sengaja menghirup spora jamur, gejala sesak napas bisa langsung muncul.

Untuk mengurangi munculnya jamur pada furnitur, hindari meletakkan perabotan menempel pada dinding atau dengan furnitur lainnya. Kelembapan antara furnitur satu dengan furnitur lainnya akan memicu munculnya jamur.

Formaldehida
Zat berbahaya formaldehida sering dijumpai pada produk yang terbuat plastik. Produk-produk yang biasanya mengandung zat formaldehida antara lain mainan anak yang terbuat dari plastik atau tempat makanan dan minuman dari plastik. Selain produk-produk itu, asap rokok juga mengandung formaldehida.

Zat formaldehida sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan mual, masalah pernapasan, mata berair dan panas, bahkan menimbulkan sel kanker.

Untuk menghindari dampak buruk formaldehida, tidak ada cara lain selain mengurangi pemakaian barang-barang yang terbuat dari plastik. Karena anak-anak sangat rentan, sebaiknya tidak membeli mainan yang terbuat dari bahan plastik.

Tinggalkan Balasan