Waspada Musim Hujan, Halaman Rumah Jangan Sampai Becek!

Hujan yang hampir setiap hari turun membuat halaman rumah selalu basah. Bahkan jika penyerapan airnya kurang baik, akan ada genangan air yang menyebabkan halaman becek dan berlumpur. Sobat Ngopi harus waspada agar hal seperti ini tidak terus terjadi di musim penghujan karena becek bisa merusak rumput-rumput di halaman.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mencegah becek di saat musim hujan? Berikut langkah-langkah mudah yang harus Sobat Ngopi lakukan.

Buat Air Mengalir
Genangan air hujan di halaman rumah bisa disebabkan tidak adanya tempat untuk mengalir atau sistem drainase di halaman rumah yang kurang baik. Cari tahu mengapa air tidak mengalir. Jika posisi halaman tidak memiliki kemiringan yang tepat, buatlah agar posisi halaman miring ke arah saluran pembuangan air. Jika tidak bisa, pasanglah pipa di permukaan halaman dan arahkan ke got.

sumber: mcall.com

Buat Area Resapan
Cari tahu mengapa air di halaman tidak dapat meresap ke tanah. Bisa jadi, tidak cukup banyak tanah terbuka akibat lantai diplester atau halaman dipasangi keramik berlebihan. Jika kondisinya seperti itu, buatlah lubang biopori atau bak resapan agar air dapat meresap ke dalam tanah di halaman.

Tambahkan Tanah Humus
Jika halaman sudah tertutup tanah semua tapi air tetap menggenang, mungkin halaman Anda terlalu banyak mengandung tanah liat yang tidak dapat meresap air. Solusinya, belilah tanah humus untuk menyeimbangkan kandungan tanah liat. Lalu, sebarkan batuan koral atau memasang rumput sintetis di atas tanah tersebut. Selain mencegah becek becek, halaman pun jadi terlihat lebih cantik.

Tinggalkan Balasan