Yuk, Sama-Sama Kurangi Sampah Rumah Tangga! Begini Langkah Mudahnya

Harus diakui, pengolahan sampah di Indonesia belum maksimal. Sedisiplin apapun kita membuang sampah pada tempatnya, ujung-ujung hanya akan menumpuk di tempat pembuangan akhir.

Karena itu, solusi terbaik adalah dengan mengurangi sampah dari rumah kita sendiri. Tapi, apa yang harus dilakukan agar produksi sampah rumah tangga bisa berkurang, sementara sampah yang harus kita buang setiap hari tidak pernah ada habisnya?

Hindari Plastik Sekali Pakai
Sebagian besar plastik tidak bisa lebur dalam tanah atau memerlukan waktu hingga ratusan tahun lamanya. Sampah kantong plastik atau botol plastik sebenarnya bisa didaur ulang, namun teknologinya belum bisa menampung semua sampah plastik yang ada. Karena itu, usahakanlah tidak memakai plastik sekali pakai. Gunakanlah tas kain, tempat bekal, dan botol minum yang bisa digunakan berkali-kali.

sumber: facebook.com/myrtlebeachcitygovernment

Gunakan Alat Makan dari Kaca dan Besi
Untuk mengurangi sampah, gunakan piring, mangkuk, dan gelas yang terbuat dari kaca. Penggunaan alat makan dari kertas atau plastik hanya akan menambah pengeluaran dan tumpukan sampah. Selain itu, kini banyak dijual sedotan dari besi yang bisa digunakan berkali-kali.

Hindari Produk dengan Kemasan Berlapis
Tak sedikit produk yang dijual dengan kemasan berlapis-lapis. Tidak hanya kotak pembungkus, tapi setiap barang di dalamnya dikemas lagi dengan plastik. Belum lagi saat dibeli produk tersebut dibungkus dengan kemasan khusus, lalu dimasukkan ke dalam kantong plastik.
Untuk mengurangi sampah dari belanjaan kita, sebaiknya hindari membeli barang-barang dengan kemasan berlapis-lapis, terutama yang bungkusannya terbuat dari plastik.

Perbaiki, Jangan Dibuang
Jangan membuang barang jika masih bisa diperbaiki, terutama barang elektronik yang masih bisa diservis. Perlu diketahui, sampah elektronik bisa sangat berbahaya bagi manusia dan lingkungan sekitar karena mengandung timbal, merkuri, dan logam-logam berbahaya lainnya.

Belanja Kemasan Besar
Untuk mengurangi sampah rumah tangga, belilah produk dalam kemasan besar. Hindari kemasan sachet karena akan sangat banyak sampah yang dibuang. Selain itu, jika dihitung-hitung totalnya, kemasan besar jauh lebih ekonomis daripada kemasan sachet.

Daur Ulang
Daripada dibuang, sulap botol plastik menjadi barang fungsional lainnya seperti vas bunga, wadah alat tulis, dan lain-lain. Kemasan sachet bekas juga bisa didaur ulang menjadi taplak meja, karpet, bunga plastik, dan lain sebagainya. Semakin kreatif mendaur ulang, maka akan semakin banyak sampah yang berkurang.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan